PSIKOLOGI MANAJEMEN
Secara terminologi Psikologi menurut kesimpulan para
ahli adalah ilmu yang mempelajari semua tingkah laku dan perbuatan individu.
Dimana individu tersebut tidak dapat dilepaskan dari lingkungannya.Sedangkan
pengertian manajemen secara etimologis adalah,manajemen berasal dari kata
“management” yang artinya ketatalaksanaan, tata pimpinan, dan pengelolaan. Jadi
dapat disimpulkan bahwa pengertian psikologi manajemen adalah suatu studi
tentang tingkah laku manusia yang terlibat dalam proses manajemen dalam rangka
melaksanakan fungsi-fungsi manajemen untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan sebelumnya.
B. PSIKOLOGI
ORGANISASI
Pengertian Organisasi :
- Dalam
arti Statis (diam)
Merupakan wadah atau tempat kegiatan administrasi dan
manajemen berlangsung, dengan gambaran yang jelas tentang saluran hirarki
daripada kedudukan, jabatan wewenag, dan garis komando dan tanggung jawab.
- Dalam
arti Dinamis (bergerak)
Merupakan proses kerjasama antara orang-orang yang
tergabung dalam suatau wadah tertentu umtuk mencapai tujuan bersama seperti
yang telah ditetapkan secara bersama pula.
Dalam arti paling umum, psikologi organisasi adalah
ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perilaku individu dan perilaku
kelompok dalam aturan organisasi formal.
C. PSIKOLOGI
KOMUNIKASI
Ada berbagai definisi yang dibuat untuk merumuskan
makna komunikasi yang pada dasarnya menyatakan bahwa komunikasi merupakan suatu
proses saat orang berusaha untuk menyampaikan informasi dan mendapatkan hal-hal
yang menjadi sasarannya. Komunikasi adalah penyampaian informasi, gagasan,
emosi, ketrampilan, dan sebagainya dengan menggunakan lambang-lambang atau
kata-kata, gambar, bilangan, grafik, dan lain-lain. Kegiatan atau proses
penyampaiannya biasanya dinamakan komunikasi.
Dimensi-Dimensi Komunikasi dalam Kehidupan Organisasi :
- Komunikasi
internal.
Komunikasi internal organisasi adalah proses penyampaian pesan antara anggota-anggota organisasi yang terjadi untuk kepentingan organisasi, seperti komunikasi antara pimpinan dengan bawahan, antara sesama bawahan, dsb.
Komunikasi internal organisasi adalah proses penyampaian pesan antara anggota-anggota organisasi yang terjadi untuk kepentingan organisasi, seperti komunikasi antara pimpinan dengan bawahan, antara sesama bawahan, dsb.
Komunikasi vertikal adalah komunikasi dari atas ke
bawah dan dari bawah ke atas. Komunikasi dari pimpinan kepada bawahan dan dari
bawahan kepada pimpinan. Dalam komunikasi vertikal, pimpinan memberikan instruksi-instruksi,
petunjuk-petunjuk, informasi-informasi, dan lain-lain kepada bawahannya.
Sedangkan bawahan memberikan laporan-laporan, saran-saran, pengaduan-pengaduan
dan sebagainya kepada pimpinan.
Dan pengertian komunikasi horizontal atau lateral adalah
komunikasi antara sesama seperti dari karyawan kepada karyawan, manajer kepada
manajer. Pesan dalam komunikasi ini bisa mengalir di bagian yang sama di dalam
organisasi atau mengalir antarbagian. Komunikasi lateral ini memperlancar
pertukaran pengetahuan, pengalaman, metode, dan masalah. Hal ini membantu
organisasi untuk menghindari beberapa masalah dan memecahkan yang lainnya,
serta membangun semangat kerja dan kepuasan kerja.
- Komunikasi
eksternal.
Komunikasi eksternal organisasi adalah komunikasi antara pimpinan organisasi dengan khalayak di luar organisasi. Komunikasi eksternal terdiri dari jalur secara timbal balik:
Komunikasi eksternal organisasi adalah komunikasi antara pimpinan organisasi dengan khalayak di luar organisasi. Komunikasi eksternal terdiri dari jalur secara timbal balik:
a. Komunikasi dari
organisasi kepada khalayak. Komunikasi ini dilaksanakan umumnya bersifat
informatif, yang dilakukan sedemikian rupa sehingga khalayak merasa memiliki
keterlibatan, setidaknya ada hubungan batin. Komunikasi ini dapat melalui
berbagai bentuk, seperti majalah organisasi; press release; artikel surat kabar
atau majalah; pidato radio; film dokumenter; brosur; leaflet; poster; konferensi
pers.
b. Komunikasi dari
khalayak kepada organisasi. Komunikasi dari khalayak kepada organisasi
merupakan umpan balik sebagai efek dari kegiatan dan komunikasi yang dilakukan
oleh organisasi.
DAFTAR PUSTAKA
·
Mortimer R. Fienberg, dkk., Psikologi
Manajemen, Penerbit Mitra Utama, Jakarta, 1996.
·
Abu, Ahmadi, Psikologi umum, Edisi
Revisi 2009.
·
Hasibuan, Malayu S.P., Manajemen
Dasar, Pengertian, dan Masalah, Bumi Aksara; Jakarta, 2007.
·
Wursanto, Ig, Dasar-dasar Ilmu
organisasi, CV. Andi offset; 2005.
·
Wiryanto, 2005, Pengantar Ilmu Komunikasi,
Jakarta: Gramedia Wiasarana Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar